Wednesday 10 January 2018

CARA EFEKTIF MENGHAFAL KOSAKATA BAHASA INGGRIS

Prinsip dasar belajar bahasa baru atau asing adalah menggunakannya terus-menerus atau sesering mungkin. Tanpa hal itu, orang menjadi mudah lupa, tidak lancar atau tidak percaya diri. Salah satu unsur penting dalam belajar berbahasa adalah jumlah kosa kata yang orang kuasai. Semakin banyak kosa kata yang Anda kuasai, semakin baik. Pertanyaannya adalah bagaimana caranya supaya orang cepat menghafal kosa kata dan mampu menggunakannya dengan lancar dan benar?

Saran-saran berikut ini mengkin sekalu merupaka cara efektif dan cepat bagi Anda untuk kapat menguasai kosa kata bahasa Inggris:

Anda sebaiknya menuliskan atau menandai sekitar 5-10 kata baru setiap hari. Hafalkan artinya, hafalkan cara penulisannya, hafalkan jenis katanya. Bacalah kosa kata baru itu berulang-ulang. Ucapkan dengan suara keras. Batasi maksimal 10 kata perhari. Jika sebuah kata belum bisa dikuasai dalam satu hari, ulangilah menghafal kosa kata baru itu keesokan hari sampai Anda benar-benar menguasainya.

Untuk dapat menguasai sebuah kosa kata baru, Anda harus disiplin, fokus dan selalu bersemangat. Jangan sampai Anda membiarkan rasa bosan menghantui Anda tiap kali Anda belajar menghafal dan menguasai kosa kata bahasa Inggris. Anda disarankan untuk membuat target pencapaian pada catatan Anda: berapa kata baru yang akan Anda kuasai dalam satu minggu, satu bulan, satu semester dan sebagainya.

Practice makes perfect. Maka, Anda harus mencoba terus menggunakan kosa kata baru tersebut ke dalam kalimat-kalimat. Kadang-kadang Anda perlu membuat kalimat tanya, positif dan negative sehingga Anda akan semakin mengingatnya. Akan semakin baik apabila Anda memanfaatkan kosa kata baru untuk menyusun percakapan yang dapat Anda praktikkan sendiri. Dari kalimat-kalimat yang Anda buat dengan kosa kata baru tersebut, praktikkan dengan suara yang lantang dan penuh percaya diri. Sesudah itu, Anda dapat mempraktikkan percakapan tersebut dengan teman Anda atau dengan diri sendiri di depan cermin. Anda perlu manfaatkan kehadiran teman-teman yang mempunyai niat serupa dengan Anda untuk belajar bahasa Inggris.

Bagi Anda yang tinggal di kota Bogor dan sekitarnya dan ingin belajar bahasa Inggris secara privat, silakan kontak saya lewat email ke independent.ec@gmail.com atau melalui pesan WhatsApp ke nomor 0813-8099-8494.

No comments:

Post a Comment