Friday 24 November 2017

BAHASA INGGRIS DI ZIMBABWE

Beberapa hari ini saya tertarik membaca berita di koran atau menonton siaran berita televisi tentang Negara Zimbabwe di Afrika yang sedang mengalami perubahan poliki. Presiden Robert Mugabe yang telah berkuasa selama sekitar 37 tahun dipaksa mengundurkan diri setelah ia dikudeta oleh militer negara tersebut. Kemarin muncul berita baru bahwa Emmerson Mnangagwa, mantan wakil presiden yang dipecat oleh Mugabe belum lama ini, dipilih oleh Parlemen negara ini menjadi presiden yang baru. Lalu apa hubungan antara Zimbabwe dan kursus bahasa Inggris?

Dalam berbagai pidato entah dari Presiden Mugabe, entah dari Panglima Angkatan Bersenjata Zimbabwe atau dari Ketua Parlemen, ternyata mereka menggunakan bahasa Inggris dengan baik meskipun pronunciation mereka memiliki keunikan yang tampaknya dipengaruhi oleh bahasa daerah mereka. Bahasa resmi Zimbabwe adalah bahasa Inggris di samping bahasa Shona, dan Ndbele. Bahasa Inggris menjadi bahasa resmi karena selama bertahun-tahun sebelum Zimbabwe merdeka pada tahun negara ini adalah jajahan Inggris. Tidak mengherankan bahwa penduduk dapat berbahasa Inggris dengan lancar.

Kita sering sekali berharap dapat berbicara bahasa Inggris dengan aksen Amerika atau British secara sempurna dan bahkan kerap menertawakan orang lain yang berbicara bahasa Inggris dengan logat Tegal, Toraja, Merauke atau Cibereum... Padahal, sangat lumrah bahwa para penutur bahasa Inggris di mana pun sangat dipengaruhi oleh bahasa lokal atau kebiasaan setempat. Tidak mengherankan bahwa ucapan untuk sebuah kata tertentu barangkali berbeda satu sama lain. Mendengarkan orang Zimbabwe berbicara bahasa Inggris yang berbeda dari cara orang Amerika atau Inggris berbicara, kita dapat mengambil hikmah antara lain: jangan pernah merasa rendah diri dengan bahasa Inggris Anda; jangan pernah malu untuk menggunakan bahasa Inggris Anda dengan pengaruh logat bahasa daerah atau bahasa nasional Anda.

Nah, bagi Anda yang ingin memperlancar ucapan dan ketrampilan wicara bahasa Inggris Anda, atau Anda sedang mencari tempat les privat  bahasa Inggris di Bogor, silakan kontak saya lewat emal ke independent.ec@gmail.com atau lewat pesan WA ke nomor 0813-8099-8494. Semoga kita dapat bertemu untuk berdiskusi tentang rencana les bahasa Inggris Anda dalam waktu dekat.

No comments:

Post a Comment