Sunday 31 May 2015

Sertifikat Kursus, Sertifikat Kompetensi dan Sertifikat Internasional

Banyak peserta kursus bahasa Inggris di Bogor masih belum memahami bahwa ada beberapa jenis sertifikat bahasa Inggris yang dikenal dalam masyarakat. Karena kurangnya pemahaman, banyak siswa atau calon siswa kursus bahasa Inggris meminta sertifikat tertentu yang sebenarnya tidak dapat dikeluarkan oleh sebuah lembaga kursus bahasa Inggris. Ada juga yang mencari sertifikat yang sebenarnya belum perlu mereka dapatkan.

Secara umum ada beberapa penggolongan sertifikat bahasa Inggris yang dapat diterima oleh para peserta kursus bahasa Inggris.

Pertama, sertifikat kursus. Sertifikat ini lebih baik disebut Surat Keterangan Tamat Kursus atau Surat Keterangan Tamat Belajar Kursus. Surat ini dikeluarkan oleh sebuah lembaga kursus bahasa Inggris dan berisi keterangan bahwa nama yang tertulis dalam surat ini telah menyelesaikan sebuah proses pembelajaran bahasa Inggris selama periode waktu tertentu pada level atau tingkat tertentu menurut ketentuan lembaga kursus dan pelatihan setempat. Surat atau sertitikat kursus ini hanya ditandatangani oleh pimpinan lembaga kursus bahasa Inggris dan dalam banyak kasus hanya diakui oleh kalangan terbatas. Sertifikat kursus ini tidak boleh disebut sebagai sertifikatn kompetensi.

Kedua, sertifikat kompetensi. Berbeda dari sertifikat kursus yang hanya dikeluarkan oleh sebuah lembaga kursus bahasa Inggris, sertifikat kompetensi dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) yang keberadaannya diakui dalam Undang-undang (UU) Sistem Pendidikan Nasional. Untuk memperoleh sertifikat kompetensi ini seseorang harus lulus dalam Uji Kompetensi (UK) yang diselenggarakan di Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang ditunjuk oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi. Sertifikat Kompetensi ini diakui di tingkat nasional sebagai sertifikat yang sah dan menggambarkan kompetensi bahasa Inggris seseorang sesuai standar nasional.

Ketiga, sertifikat TOEFL/IELTS/TOEIC, dll.  Sertifikat ini dikeluarkan oleh lembaga-lembaga yang mendapatkan lisensi khusus untuk menyelenggarakan tes yang bersangkutan dari lembaga pusat mereka. Sertifikat diberikan setelah seseorang mengikuti ujian yang telah ditentukan. Hasil ujian dan sertifikat ini diakui di seluruh dunia dan dianggap sebagai standar internasional.

Nah, manakah yang Anda butuhkan? Semua harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Bila Anda hanya perlu untuk melamar pekerjaan local  yang tidak mensyaratkan sertifikat TOEFL atau IELTS, mengapa Anda harus mengambil tes tersebut? Mungkin perusahaan Anda hanya memerlukan selembar surat keterangan tamat kursus atau selembar sertifikat kompetensi.


Bagi Anda yang tinggal di Bogor dan sekitarnya dan ingin mengikuti les privat bahasa Inggris di Bogor dan belum memiliki pandangan tentang pusat les yang tepat, silakan hubungi kami di Independent English Course Bogor lewat email di independent.ec@gmail.com atau melalui WA/SMS di 0813-8099-8494. Kami akan menjawab keingintahuan Anda.

No comments:

Post a Comment